Senin, 16 Juli 2012

Yu-Gi-Oh! Lessons


LESSON NO.2 ; SPELL SPEED, CHAIN, RESOLVE & COST

Setelah posting sebelumnya saya sedikit membahas tentang spell, trap dan effect monster, diposting kali ini saya akan membahas sedikit tentang Spell Speed, Chain, Resolve, dan Cost



SPELL SPEED
Setiap jenis kartu baik spell, trap atau monster (dengan efek) memiliki spell speed tersendiri, mulai dari spell speed 1 sampai speel speed 3. Knapa spell speed ini penting? Karena urutan chain bergantung pada spell speed ini. Apabila suatu efek diaktifkan, Kita hanya bisa merespon dengan efek kartu dengan spell speed yang sama atau lebih tinggi. Trus bagaimana kita bisa tau kartu itu punya spell speed 1,2, atau 3? Berikut pembagiannya:
  • Yang termasuk Spell Speed 1 : Spell Card (Normal, Continuous, Ritual, & Field) dan efek monster (Flip, Ignition dan Trigger) 
  • Yang termasuk Spell Speed 2 : Trap Card (Normal dan Continuous), Quick-Play Spell Card dan Quick-Effect  Monster
  • Yang termasuk Spell Speed 3 hanya Counter Trap Cards.

Jadi kartu dengan spell speed 1 hanya bisa diaktifkan sebagai respon pengaktifan kartu dengan spell speed 1 juga. kartu dengan spell speed 2 hanya bisa diaktifkan sebagai respon pengaktifan kartu dengan spell speed 1 atau spell speed 2. kartu dengan spell speed 3 bisa diaktifkan sebagai respon pengaktifan kartu dengan spell speed 1, 2 atau 3. kartu dengan spell speed 1 TIDAK BISA diaktifkan sebagai respon pengaktifan kartu dengan spell speed 3 atau 2, dst.


CHAIN & RESOLVE
Chain utk sederhananya bisa disebut sebagai respon atas pengaktifan efek kartu dimana tiap pemain diberikan kesempatan untuk melakukan chain manakala lawannya mengaktifkan suatu efek kartu (Tentunya dengan memperhatikan spell speed). Kita juga bisa chain aktivasi kartu kita sendiri. Adapun Resolve adalah urutan dimana tiap2 kartu yang ada dalam urutan chain mulai berjalan efeknya. Resolve (atau jalannya efek) dilakukan terbalik dengan chain, kartu yang aktif paling akhir yang efeknya resolve duluan. Bingung? Ta’ kasih contoh aja deh biar gampang :D

Contoh 1 : Ente summon  E-Hero Neos (INGAT bahwa summon dan declare attack itu tidak menimbulkan chain karena tidak ada spell speednya), atas summonnya Neos lawan ente aktifin  Bottomless Trap Hole (normal trap, spell speed 2), Kemudian ente balas dengan  Seven Tools of the Bandit (counter trap, spell speed 3), Kemudian lawan ente balas dengan  Solemn Judgment (counter trap, spell speed 3), dan ente balas lagi dengan Solemn Judgment. Jadinya begini --> Bottomless chain link 1, Seven Tools chain link 2, Solemn Judgment lawan chain link 3, Solemn Judgment sendiri chain link 4. Urutan resolvenya dibalik. Solemn Judgment yg chain link 4 (yang paling terakhir diaktifkan) yang resolve duluan.

Contoh 2 : Ente aktifin  Call of the Haunted (Continuous Trap, spell speed 2), lawan chain dengan  Royal Decree (Continuous Trap, spell speed 2), Kemudian ente chain lagi dengan  Dust Tornado (Normal Trap, spell speed 2) dengan target Royal Decree lawan (meskipun efek dari Decree adalah menegate semua trap yang ada di arena tapi karena efeknya belum resolve, trap lain masih bisa diaktifkan sebagai respon), Call of the Haunted chain link 1, Decree chain link 2, Dust Tornado chain link 3. Urutan resolve, Dust Tornado resolve paling awal, meghancurkan royal decree lawan, Royal Decree karena adalah Continuous Trap, jadi ketika dihancurkan efeknya gak jadi resolve, dan Call of The Haunted resolve paling akhir

Contoh 3 : Di field lawan ada Legendary Six Samurai - Shi En sebagai satu-satunya monster. Lawan kemudian summon monster lain. Kemudian ente aktifin  Torrential Tribute (normal trap, spell speed 2), lawan kemudian chain dengan efeknya Shi-En (quick effect monster, spell speed 2) yang bisa negate efek spell atau trap 1x per turn. Kemudian ente aktifin  Fiendish Chain (normal trap, spell speed 2) dengan target Shi-En. Torrential jadi chain link 1, Shi En chain link 2 dan Fiendish Chain chain link 3. Fiendish Chain sbagai kartu yang aktif paling akhir resolve lebih dulu, menghilangkan efek Shi En sekaligus membuatnya gak bisa nyerang. Kemudian giliran Shi En sebagai chain link 2 yang resolve, maunya sih negate Torrential, tapi karena sudah ditarget sama Fiendish Chain, efeknya yang bisa negate spell/trap 1x per turn itu gak bisa jalan dan akhirnya Torrential sebagai chain link 1 resolve paling akhir, menghancurkan semua monster di arenanya lawan.

Kita juga bisa chain pengaktifan kartu sendiri. Contoh 4 : Di arena lawan ada 3 set reverse card, di arena sendiri ada 2 set reverse card. Kita lalu aktifin  Heavy Storm (Normal spell, spell speed 1), jika lawan memilih untuk tidak merespon, kita bisa merespon pengaktifan Heavy Storm itu sendiri, misalnya dengan  Starlight Road (normal trap, spell speed 2). Starlight akan membatalkan Heavy Storm, dan kita bisa special summon 1 Stardust Dragon  dari extra deck.

Ada kemungkinan kita bisa memenangkan game di tengah resolve dari chain, misalnya
Disini, Ring of Destruction akan resolve paling awal, mengancurkan Caius dan mengakibatkan kedua player terkena 2400 damage. Player 1 masih punya sisa 100 lifepoint, tapi karena player 2 sudah kehabisan lifepoint, dia akan kalah sebelum Magic Cylindernya resolve.

Oh ya, HARUS DIINGAT juga bahwa ada beberapa kartu yang pengaktifannya gak bisa dichain atau selalu menjadi akhir dari chain, ini karena efek dari kartu itu tidak memungkinkan untuk direspon meskipun dengan kartu yang spell speednya lebih tinggi misalnya  Super Polymerization atau  Nordic Relic Laevateinn .



COST
Cost adalah bayaran yang harus dilakukan sebelum mengaktifkan suatu kartu tertentu. Tribute 1 monster untuk summon monster level 5 atau 6 adalah salah satu contoh cost. Cost yang lain dapat berbentuk tribute monster, buang kartu dari tangan ataupun bayar dengan lifepoints (biasanya tertulis di kartunya sendiri) misalnya  Gemini Spark (costnya adalah tribute 1 gemini monster yang ada diarena sendiri),  Solemn Warning (costnya adalah bayar 2000 lifepoints), atau  Brionac (costnya adalah buang kartu dari tangan). HARUS DIINGAT bahwa chain hanya bisa dilakukan setelah cost dibayar dan meskipun pengaktifan kartu yang mengharuskan bayar cost itu dinegate, cost yang telah dibayar tidak bisa dikembalikan. Misal :  Lawan ente aktifin Solemn Judgment saat ente summon monster, ente gak bisa chain sebelum lawan bayar costnya yaitu setengah dari lifepointnya. Stelah dia bayar costnya baru kita bisa chain, misalnya dichain dengan Solemn Judgment juga, maka setelah kita bayar costnya, dimulailah resolve. Solemn Judgment ente negate Solemn Judgment lawan. Tapi meskipun Judgmentnya dinegate, lawan tetap kehilangan stengah lifepointnya.

O.K, itu dulu deh, nanti dilanjut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkomentar. Bagi yang komentarnya belum direply, mohon sabar, admin gak bisa online tiap waktu. Kalau bisa mohon baca komen2 sebelumnya biar pertanyaan yang sama gak berulang terus. Yang memberikan komen spam (komen yg sama tapi lebih dari satu) akan dihapus.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.